EXECUTIVE SUMMARY: PROGRAM AKSELERASI MUTU SEKOLAH TAHUN 2011

EXECUTIVE SUMMARY: PROGRAM AKSELERASI MUTU SEKOLAH TAHUN 2011


A.     Latar Belakang
Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Kementerian Agama (Kemenag) telah menunjukkan komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah di Indonesia melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) sesuai dengan Permendiknas No. 63 tahun 2009.
Sebagai komponen penting dalam SPMP, Evaluasi Diri Sekolah (EDS) merupakan dasar peningkatan mutu dan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) sekolah. EDS juga menjadi sumber informasi kebijakan untuk penyusunan program pengembangan pendidikan kabupaten/kota. Karena itulah EDS menjadi bagian yang integral dalam penjaminan dan peningkatan mutu. EDS adalah suatu proses yang memberikan tanggung jawab kepada sekolah untuk mengevaluasi kemajuan mereka sendiri dan mendorong sekolah untuk menetapkan prioritas peningkatan mutu sekolah.
Program EDS mulai diimplementasikan di Kabupaten Cianjur dengan jumlah sasaran 56 SD, 18 SMP, 8 SMA, dan 4 SMK. Untuk menindaklanjuti hasil EDS maka LPMP Jawa Barat melaksanakan Program Akselerasi Mutu Sekolah (PAMS). Program ini mengkombinasikan antara EDS dan implementasi Lesson Study dengan bantuan teknis dari UPI Bandung.
B.     Tujuan
Secara umum program peningkatan mutu pendidikan ini bertujuan untuk melaksanakan fasilitasi proses penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing satuan pendidikan dengan tetap mengacu pada delapan standar nasional pendidikan. Program ini adalah upaya tindak lanjut dari hasil pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah.
Adapun secara khusus program ini bertujuan untuk :
  • Melakukan pendampingan proses penjaminan dan peningkatan mutu di satuan pendidikan berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah untuk mencapai indikator-indikator kinerja dalam SNP.
  • Membantu sekolah dalam mencapai level statusnya, dari RSBI ke SBI, dari SSN ke RSBI dan dari RSSN ke SSN.
  • Menindaklanjuti hasil evaluasi diri sekolah sebagai bahan dasar penyusunan peta mutu Kabupaten dan perencanaan program investasi pendidikan.

C.     Sasaran
Sasaran PAMS tahun 2011 adalah 10 sekolah jenjang SMP dengan status RSBI, SSN dan RSSN. LPMP Jawa Barat merekomendasikan Kabupaten Cianjur sebagai sasaran kegiatan PAMS tahun 2011 s.d 2012, dengan usulan nama-nama sekolah adalah sebagai berikut.
  1. SMPN 1 Cianjur
  2. SMPN 3 Cianjur
  3. SMP Pasundan Cianjur
  4. SMP Al Azhar 20
  5. SMPN 1 Cupanas
  6. SMPN 2 Cipanas
  7. SMPS Mardiyuana, Cipanas
  8. SMPN 1 Cugenang
  9. SMPN 2 Cugenang
  10. SMPN 3 Cugenang
D.     Hasil yang Diharapkan
Kegiatan PAMS akan menindaklanjuti indikator-indikator yang dianggap belum sesuai  dengan status sekolahnya. Indikator keberhasilan dari PAMS adalah minimal 60% dari sejumlah indikator yang belum sesuai dengan status sekolahnya, dapat mencapai tahapan pengembangan yang diharapkan.
Berdasarkan hal tersebut, hasil yang diharapkan dari program ini adalah sebagai berikut.
  1. Minimal 60% indikator yang belum sesuai pada sekolah dengan status RSBI mampu mencapai tahapan pengembangan 4.
  2. Minimal 60% indikator yang belum sesuai pada sekolah dengan status SSN mampu mencapai tahapan pengembangan 3 dengan terdapat kinerja-kinerja tambahan lain di luar SNP.
  3. Minimal 60% indikator yang belum sesuai pada sekolah dengan status RSSN mampu mencapai tahapan pengembangan 3.
  4. Peta mutu 10 sekolah jenjang SMP di Kabupaten sasaran PAMS.
E.      Mekanisme Program
Mekanisme program adalah sebagai berikut.
Penjelasan dari mekanisme di atas adalah sebagai berikut.
Tahapan Kegiatan
Uraian
Tempat
Hasil yang diharapkan
Sosialisasi Program ke Sekolah sasaran
Mensosialisasikan Program kepada sekolah sasaran
Dinas Pendidikan
(2 hari)
·       Pemahaman program oleh sekolah sasaran
·       MoU dengan Sekolah
·       MoU dengan Dinas Pendidikan Kab. Cianjur

Visitasi dan Uji Kompetensi
Verifikasi dan validasi hasil EDS dan pemetaan data awal kompetensi kepala sekolah, guru dan siswa sebagai data pendukung evaluasi diri sekolah
10 Sekolah sasaran
(3 hari)
·       Validasi hasil EDS
·       Hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah
·       Hasil Uji Kompetensi Guru
·       Hasil analisis kajian profil ketercapaian 8 SNP dari masing-masing sekolah sasaran

Workshop School Leadership
·   Penguatan kompetensi kepala sekolah dan wakasek terkait dengan standar pengelolaan, manajerial, pembiayaan dan sarpras
·   Penguatan kompetensi guru
·   Benchmarking ke sekolah binaan
·   Tugas pengembangan dan action plan
·   LPMP
·   5 hari (50 JPL)
·    Satu Sekolah Binaan LPMP yang dikunjungi (Transportasi +Konsumsi+School Allowance)
·       Peningkatan Kompetensi para manajer sekolah
·       Action plan TPS berbasis EDS
·       RKS berbasis EDS

Workshop Lesson Study
·   Penguatan kompetensi guru terkait dengan standar isi, proses, kompetensi lulusan dan penilaian dengan supervise dari UPI Bandung mengenai Lesson Study
·   Benchmarking ke sekolah pelaksana Lesson Study
·   Tugas pengembangan dan action plan
·   LPMP
·   5 hari (50 JPL)
·   Kunjungan ke Sumedang
·       Peningkatan 4 Kompetensi para guru
·       Action plan TPS berbasis EDS
·       RKS berbasis EDS
Progress Report
(4 kali dalam setahun)

·   Progres report yang dilaksanakan oleh para manajer sekolah sesuai dengan RKS dan action plan tindak lanjut EDS
·   Setiap Progress Report difokuskan pada satu standar
·   LPMP
·   @3 hari x 4 keg

·       Laporan pelaksanaan tindakl lanjut EDS
·       Peningkatan kompetensi para manajer sekolah

Pendampingan Peningkatan Kompetensi Guru
(4 kali dalam setahun)
·   Pendampingan langsung pada guru sesuai dengan focus dan kebutuhan sekolah
·   Pendamping adalah kolaborasi pengawas mata pelajaran, guru inti dan LPMP di bawah supervise UPI Bandung
·   Sekolah sasaran
3 hari x 4 keg
·       Pendampingan berbasis lesson study
·       Peningkatan 4 kompetensi guru dan mutu pembelajaran
·       RKS berbasis EDS

Visitasi Akhir
·   Evaluasi ketercapaian kinerja sekolah berdasarkan 8 SNP merujuk pada instrument EDS
·   UK Kepala sekolah
·   UK guru
·   UK siswa
·   Penyusunan MSPD untuk pengawas
·   10 Sekolah sasaran
3 hari
·       Validasi hasil EDS
·       Hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah
·       Hasil Uji Kompetensi Guru
·       Hasil analisis kajian profil ketercapaian 8 SNP dari masing-masing sekolah sasaran
Seminar Hasil dan Penyusunan Action Plan
·   Ekspose dan dessiminasi
·   Penyusunan action plan
·   LPMP
(2 hari)
·       Tersosialisasikannya hasil program
·       Action plan tindak lanjut di tahun berikutnya

F.      Penutup
Kegiatan PAMS diharapkan dapat menghasilkan suatu cetak biru tentang program pendampingan penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Jawa Barat. Dibutuhkan konsep sinergitas yang melekat dari three partied pemangku kepentingan pendidikan yaitu Dinas Pendidikan, LPTK dan LPMP.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. binarycomputer99 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger